» » Informasi Pendaftaran ( PPDB ) MAN Insan Cendekia 2014/2015

Informasi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) MAN Insan Cendekia Tahun 2014 / 2015 - Bagi temen - temen siswa siswi kelas IX ( 3 ) SMP / MTs sederajat yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang SLTA pasti sudah menyiapkan pilihan SMA / MA yang akan kalian inginkan. Salah satu pendidika tingkat SLTA islami terfavorit adalah MAN Insang Cendekiawan ( MAN IC ) . Bagi anda yang berminat ke MAN IC silahkan baca informasi PPDB tahun 2014 / 2015 terlebih dahulu : :)

Pendaftaran ( PPDB ) MAN Insan Cendekia

Jadwal Kegiatan PPDB MAN IC

  • Sosialisasi dan publikasi: 1 Februari – 5 April 2014
  • Proses pendaftaran: 10 Maret – 5 April 2014
  • Seleksi berkas: 17 Maret – 12 April 2014
  • Pengumuman peserta tes tulis: 30 April 2014
  • Pelaksanaan tes tulis: 17 Mei 2014
  • Pengumuman kelulusan: 11 Juni 2014
  • Daftar ulang: 14 – 30 Juni 2014
  • Awal masuk madrasah: 7 Juli 2014 (tentatif)

Syarat Pendaftaran MAN IC

Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:
  1. Pendaftar adalah peserta didik aktif kelas IX MTs/SMP pada TP 2013/2014.
  2. Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2014.
  3. Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
    a. 1 – 3 kelas, berhak mengirim maksimal 3 orang peserta
    b. 4 – 6 kelas, berhak mengirim maksimal 6 orang peserta
    c. > 6 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta
  4. Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, lomba-lomba penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi tersendiri dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas. (sifatnya opsional. kalau tidak punya, juga tidak apa-apa. sertifikat ini hanya digunakan untuk penjaringan awal murid yang berpotensi masuk kelompok studi olimpiade baik target nasional maupun internasional)
Keterangan :
Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2013/2014 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi. Berdasarkan keterangan ini, dapat diartikan bahwa murid yang dapat mendaftar tidak harus berada di peringkat terbaik. Syarat yang perlu ditekankan adalah jumlah maksimal murid yang bisa mendaftar dari tiap sekolahnya, tergantung jumlah kelas dalam satu angkatan. Semua murid yang berasal dari satu sekolah harus memiliki 1 surat rekomendasi kolektif yang dikeluarkan oleh sekolah. . :)

Dokumen Pendaftaran

Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2013/2014 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:
  1. Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
  2. Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  3. Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik berprestasi yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  4. Halaman nilai rapor asli semester 1,2 kelas VII, semester 3,4 kelas VIII dan semester 5 kelas IX yang dipindai dalam bentuk file JPEG
  5. Akte Kelahiran asli yang dipindai dalam bentuk file JPEG
  6. (OPSIONAL) 1 buah sertifikat pendukung keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional atau internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek yang dipindai dalam bentuk file JPEG >> tidak punya tidak apa-apa. tidak begitu mempengaruhi penilaian. syarat ini dicantumkan hanya untuk menjaring siswa2 yang berpotensi ikut bimbingan khusus olimpiade nasional/internasional di IC nantinya.
  7. (OPSIONAL) Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini) >> khusus untuk siswa yang tinggal di pondok pesantren semasa SMP/MTs

Materi Tes

Meteri seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan tes akademis untuk mata pelajaran: matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Tempat Tes dan Biaya Pendidikan

Tempat Seleksi Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama tiap provinsi di setiap provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.

Biaya Pendidikan

Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Cara Mendaftar

Sebelum anda memulai proses pendaftaran, anda sudah menyiapkan dokumen yang disyaratkan dan email kontak anda. >>> pembuatan akun baru bisa dilakukan setelah masa pendaftaran dibuka pada 10 Maret – 5 April 2014 (lihat jadwal di atas)
  1. Membuat account di situs penerimaan MAN Insan Cendekia
  2. Meng-upload foto
  3. Meng-upload dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran 
  4. Melihat pengumuman peserta tes tulis (dapat dilihat mulai tanggal 30 April 2014) Bagi Anda yang lolos seleksi sebagai peserta tes tulis:
  5. Men-download kartu ujian
  6. Mengikuti ujian tulis pada waktu yang telah ditentukan
  7. Melihat pengumuman kelulusan
pendaftaran hanya dapat dilakukan satu kali. Jadi silahkan membaca petunjuknya dengan baik dan cermat

Kontak Kami

Kementerian Agama Republik Indonesia
Direktorat Pendidikan Madrasah
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat
Telp. 021-3520951

MAN Insan Cendekia Serpong

Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telp. 021-7563578
Faks. 021-7563582
Email: penerimaan@ic.sch.id

MAN Insan Cendekia Gorontalo

Jl. Tapa – Suwawa, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96183
Telp. 0435-823692
Faks. 0435-822091
Email: penerimaan@icg.sch.id

MAN Insan Cendekia Jambi

Jl. Lintas Jambi – Muara Bulian Km. 21, Kelurahan Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi
Telp. 0741-7051025 atau 0741-7070713
Email: mancendikiajambi@ymail.com

PERHATIAN:
Saat ini terdapat banyak sekolah lain yang menggunakan nama Insan Cendekia. Sekolah yang dirancang oleh BJ Habibie dan BPPT ini sekarang berada di bawah Depag, sehingga berstatus MAN (Madrasah Aliyah Negeri). Hanya ada tiga sekolah MAN Insan Cendekia : Serpong, Gorontalo, dan Jambi. Terima kasih. :)

Buat para pendaftar, semangat yaaa! Jangan lupa banyak-banyak berusaha dan berdoa :) . Demikian Informasi Pendaftaran ( PPDB ) MAN Insan Cendekia 2014/2015 semoga bermanfaat bagi anda

Resource : http://penerimaan.insancendekia.sch.id/

About Redi

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply